Vlookup dan Hlookup merupakan bagian dari fungsi Lookup.
Lookup digunakan untuk mencari nilai pada baris atau kolom Tertentu. Vlookup
digunakan untuk mencari nilai dalam bentuk vertikal, sesuai dengan awalan huruf
V yang merupakan singkatan dari Vertikal/tegak Lurus. Sedangkan Hlookup yang
berawal Huruf H digunakan untuk mencari nilai dalam bentuk baris /horizontal.
Fungsi vlookup atau rumus vlookup adalah salah satu fungsi
atau rumus excel dasar yang sering dibutuhkan. Rumus Excel Vlookup yang
termasuk dalam kategori lookup & reference ini akan sering anda butuhkan
saat mengerjakan tugas-tugas keseharian terkait dengan microsoft excel. fungsi
VLOOKUP, =VLOOKUP (Nilai yang ingin dicari, rentang yang ingin dicari nilainya,
nomor kolom dalam rentang berisi nilai kembali, hasil yang sama persis atau
hasil yang mendekati – yang terindikasi sebagai 0/FALSE atau 1/TRUE).
Fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah
tabel yang disusun dalam format horizontal, lalu menampilkan nilai lain yang
sekolom dengan nilai tersebut sesuai yang diinginkan.
Perbedaan Penggunaan VLOOKUP & HLOOKUPFungsi vlookup
merupakan fungsi bantuan references. Fungsi Vlookup dipakai untuk menghasilkan
nilai pada tabel secara vertikal.
Penulisan :
=VLOOKUP(nama_baris;tabel;kolom_pencarian;range_lookup).
Fungsi HLOOKUP
Fungsi Hlookup merupakan fungsi bantuan references juga.
bedanya Fungsi Hlookup dipakai untuk menghasilkan nilai pada tabel secara
horizontal.
Penulisan :
=HLOOKUP(nama_kolom;tabel;baris_pencarian;range_lookup)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar