Senin, 10 Juni 2019

Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP serta Perbedaan Penggunaan Fungsi Tersebut


Vlookup dan Hlookup merupakan bagian dari fungsi Lookup. Lookup digunakan untuk mencari nilai pada baris atau kolom Tertentu. Vlookup digunakan untuk mencari nilai dalam bentuk vertikal, sesuai dengan awalan huruf V yang merupakan singkatan dari Vertikal/tegak Lurus. Sedangkan Hlookup yang berawal Huruf H digunakan untuk mencari nilai dalam bentuk baris /horizontal.

Fungsi vlookup atau rumus vlookup adalah salah satu fungsi atau rumus excel dasar yang sering dibutuhkan. Rumus Excel Vlookup yang termasuk dalam kategori lookup & reference ini akan sering anda butuhkan saat mengerjakan tugas-tugas keseharian terkait dengan microsoft excel. fungsi VLOOKUP, =VLOOKUP (Nilai yang ingin dicari, rentang yang ingin dicari nilainya, nomor kolom dalam rentang berisi nilai kembali, hasil yang sama persis atau hasil yang mendekati – yang terindikasi sebagai 0/FALSE atau 1/TRUE).

Fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal, lalu menampilkan nilai lain yang sekolom dengan nilai tersebut sesuai yang diinginkan.


Perbedaan Penggunaan VLOOKUP & HLOOKUPFungsi vlookup merupakan fungsi bantuan references. Fungsi Vlookup dipakai untuk menghasilkan nilai pada tabel secara vertikal.
Penulisan :
=VLOOKUP(nama_baris;tabel;kolom_pencarian;range_lookup).

Fungsi HLOOKUP
Fungsi Hlookup merupakan fungsi bantuan references juga. bedanya Fungsi Hlookup dipakai untuk menghasilkan nilai pada tabel secara horizontal.
Penulisan :
=HLOOKUP(nama_kolom;tabel;baris_pencarian;range_lookup)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar