Senin, 10 Juni 2019

TUTORIAL MENGGUNAKAN FASILITAS MAIL MERGE MICROSOFT WORD DALAM MEMBUAT SURAT MASAL


Dalam pembuatan surat dengan jumlah banyak atau surat masal dengan isi surat yang sama dan nama serta alamat tujuan yang berbeda, kita tidak perlu melakukan pengetikan ulang atau pun melakukan copy paste karena akan memperlambat kerja kita dalam membuat surat itu sendiri, tentu saja kita pasti melakukan pengetikan ulang nama atau alamat tujuan surat tersebut.
Kali ini saya akan membuat langkah-langkah dalam membuat surat masal menggunakan fasilitas mail merge. Adalah sebagi berikut:
1. Siapkan terlebih dahulu format dari surat yang akan kita buat atau ketik terlebih dahulu suratnya
2. kita akan membuat database terlebih dahulu.
3. Masuk pada menu tab mailings,
4. Klik menu select recipients, klik type news list
5. Isi sesuai kebutuhan apa saja yang inginkan seperti nama, alamat ataupun yang liannya
6. Jika ingin menambah kolom yang isi klik new entry
7. Jika ingin menghapus kolomnya klik delete entry, dan yang lainnya
8. Setelah terisi semua lalu database nya kita save terlebih dahulu sesuai lokasi yang di inginkan
9. Setelah di save, klik menu insert merge field yang terdapat dalam menu tab mailings
10. Letak kan kursor pada posisi yang ingin di isi. Klik  menu  sesuai posisinya nya
11. Lalu klik menu preview results,
12. Jika ingin menganti dengan nama dan alamat yang lainnya klik tanda panah ke kanan atau pun ke klik (next).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar